Macam-Macam Hipnotis

Your comment You are on Macam-Macam Hipnotis Edit posts?

Hipnotis mempunyai beragam jenis sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan si penghipnotis, berikut akan saya jelaskan beberapa bentuk dan macam-macam hipnotis menurut fungsinya
1.     Medical Hypnosis
Medikal hipnotis, adalah suatu cabang hipnotis yang digunakan dalam dunia medis, penggunaan hipnotis ini umumnya digunakan oleh para dokter spesialis bedah dan gigi untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri saat pembedahan berlangsung. Dengan menggunakan metode ini, seorang dokter bedah dan gigi dapat menciptakan suatu efek anestesi, yaitu kejadian dimana menghilangnya rasa sakit dan nyeri saat proses pembedahan, operasi ringan, maupun operasi berat dilakukan oleh karena itu metode ini sering disebut juga dengan metote hypno anestesi.
Sehingga, dengan menggunakan teknik ini, seorang dokter tidak perlu menggunakan obat bius untuk menciptakan efek anestesi kepada pasien, dan hal ini paling sering digunakan saat keadaan genting, misalnya dalam kondisi peperangnan yang jarak menuju tempat medis sangat jauh.
Metode ini sudah digunakan oleh Jhon Elliotson (1791-1868). Beliau adalah seorang dokter yang pertama kali menggunakan metode Mesmerisme untuk melakukan pembedahan tanpa rasa sakit. Karena pada masa Elliotson, belum ditemukannya suatu obat yang dapat menghilangkan rasa sakit atau obat bius, baik yang disuntikan maupun obat bius hirup. Sehingga pada jaman tersebut para dokter menggunakan metode ini untuk menciptakan efek anestesi dan ternyata berhasil. Dan pada saat sekarang ini metode ini masih dipakai oleh sebagian dokter di Indonesia maupun di dunia.
2.     Metaphysical Hypnosis
Metaphysical hypnosis adalah suatu metode hipnotis yang digudakan untuk membaongkar rahasia black magic atau ilmu gaib yang banyak mengandung berbagai macam fenomena metafisika, misalkan out of body travel, clairvoyance, audiovoyance dsb.
Ini juga menjawab bahwa hipnotis itu bukanlah bagian dari suatu ilmu goib yang mengandung bernagai macam fenomena metafisika, namun malah hipnotis membantu untuk menemukan dan memecahkan suatu misteri dari sebuah kejadian metafisika tersebut.
3.     Forensic Hypnosis
Hipnotis yang selama ini memiliki cap negatif dalam masyarakat, rupanya memiliki fungsi yang luar biasa dalam bidang kepolisisan. Disini hipnotis dapat digunakan untuk menyelidiki kasus langsung dari saksi atau bahkan korban itu sendiri.
Menurut teori yang umum, seseorang yang memiliki suatu kejadian trumatik, misalkan pernah mengalami suatu tindak kejahatan yang sangat menakutkan, maka fikiran bawah sadarnya akan menyembunyikan ingatan tersebut dan membuatnya seolah-olah ingatan itu lenyap dari pikiran. Kejadian ini otomatis akan langsung terjadi dalam diri seseorang. Tujuannya sebenarnya untuk kebaikan diri sendiri karena, jika ingatan itu tidak disembunyikan oleh pikiran bawah sadar, maka pikiran sadar akan selalu mengingatnya dan membuat orang tersebut merasakan trauma yang sangat luar biasa.
Disinilah kegunaan hipnotis itu, mengapa ? Karena dengan bantuan hipnotis, seorang korban atau saksi bisa mengingat kembali kejadian tersebut dengan kondisi tenang, sehingga kesaksian dapat diperoleh dengan maksimal. Tentu saja orang yang menggunakan metode ini haru s dapat menghilangkan kembali ingatan akan kejadian tersebut agar saksi atau korban tidak mengalami traumatik.
Megapa harus saksi atau korban ? Karena apabila metode ini dilakukan langsung kepada tersangka maka akan sulit bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali. Alasannya karena, pertama tersangka tersebut pasti akan menolak untuk dihipnotis walaupun dibujuk sedemikian rupa, hal ini menyebabkan kemungkinan keberhasilan adalah sangat kecil dan bahkan mendapatkan hasil nol besar. Kedua dalam keadaan hipnotis, seseorang masih saja dapat berbohong. Karena inilah, hipnotis dilakukan kepada para saksi ataupun korban untuk mengungkap suatu kejahatan. Dengan menggunakan teknik regresi atau hypernesia seorang saksi atau korban bisan menceritakan kejadian dengan sangat rinci.
4.     Comedy Hypnosis
Comedy hypnosis adalah hipnotis yang digunakan untuk keperluan hiburan semata. Comedy hypnosis sering disebut juga dengan stage hypnosis dan street hypnosis. Hipnotis jenis ini disebut dengan stage hypnosis atau hipnotis panggung karena pada awalnya jenis hipnotis ini hanya dimainkan di atas panggung pentas.
Namun sekarang hipnotis jenis ini tidak hanya dilakukan diatas penjas tapi juga dipinggir jalan, di mall, sekolah, kampus, kantor, dll. Oleh karena itu ini disebut juga dengan street hypnosis atau hipnotis jalanan.
Jenis hypnotis inilah yang banyak disuguhkan oleh berbagai macam stasiun televisi dan membuat comedy hypnosis ini menjadi naik daun, disetiap Negara pasti punya cirri khas tersendiri dalam permainan stage hypnosisnya. Dan ternyata, dengan adanya acara-acara yang seperti ini, membuat pemikiran negative tentang hipnotis berubah menjadi pemikiran-pemikiran positif. Sehingga saat kata hipnotis didengar, yang ada dibenak kita tidak lagi opini negative.
Sebenarnya teknik ini adalah teknik yang paling mudah dikuasai, Anda hanya butuh beberapa jam untuk mengetahui teknik ini, namun saya rekomendasikan untuk mengikuti pelatihan langsung untuk dapat mengoptimalkannya. Saat Anda melihat pertunjukan hipnotis, mungkin anda merasa takut, karena melihat seorang dengan mudah dapt mengendalikan orang lain, padahal sebenarnya tidak, Andalah sendiri yang mengizinkan supaya dapat dikendalikan, apabila anda menolak, otomatis itu tidak akan berhasil.
Semua subjeck yang menjadi pesrta dalam permainan stage hypnosis sebenarnya telah memberikan izin untuk dihipnotis. Hal ini juga menunjukan bahwa sebenarnya dia mau dipermainkan untuk sebuah pertunjukan oleh seorang penghipnotis. Kuncinya apabila dia tidak mau ditertawakan saat pementasan, maka secara tidak langsung dia telah menolak untuk dihipnotis, dan apabila dia telah menolak untuk dihipnotis, maka siapapun baik itu master hipnotis seluruh dunia pun yang menghipnotisnya, maka ini tidak akan berlangsung.
5.     Hypnotherapy
Hypnotherapy adalah cabang hipnotis yang digunakan untuk pengobatan, hypnotherapy inilah yang sebenarnya dipakai oleh penemu-penemu hipnotis yang tadi saya bicarakan dalam bagian sejarah hipnotis.
Metode ini dipakai dalam membantu meringankan berbagai macam gangguan fisik, serta dalam proses penyembuhan berbagai gangguan mental. Hipnotis memang telah terbukti secara medis mampu membantu menghilangkan berbagai macam gangguan psikologi dan meringankan gangguan fisik.
Hypnotheraphy berbeda dengan cara pengobatan lain yang mengobati gejala atau akibat yang muncul, tetapi justru hipnotis akan berurusan langsung dengan penyebab suatu masalah, dengan menghilangkan penyebab tersebut, maka secara otomatis akibat yang ditimbulkan akan lenyap atau tersembuhkan.
Misalkan, ada seorang yang menderita encok pada kaki, orang tersebut bisa menggunakan obat untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat penyakit itu, namun itu hanyalah bersifat sementara. Saat efek obat itu habis, maka rasa nyeri itu pasti kembali dan kita harus memakan obat itu lagi. Berbeda dengan hypnotherapy, hal ini dapat hilang secara permanen dalam waktu yang singkat, karena hipnotis mampu membantu menghilangkan penyebab psikologi dari penyakit tersebut.

« Previous
 
Next »